7 Fakta tentang Laptop yang Wajib kamu tahu

Pada zaman yang modern ini laptop sudah menjadi kebutuhan utama bagi kebanyakan orang, dari pelajar, karyawan, tua, muda semua hampir menggunakan laptop pada kehidupan sehari-harinya. Bahkan ada yang kesehariannya mainin laptop terus, dari untuk main game seperti saya wkwk, untuk membuat tugas, untuk kerja di kantor dan masih banyak lagi. dipungkiri lagi laptop jadi segalanya. Tapi ada tapinya nih, apakah kalian tahu siapa yang menemukan laptop???  Untuk menjawab pertanyaan ini silahkan baca artikel ini ya, berikut 7 fakta tentang laptop yang perlu kamu tahu.

1. Penemu Laptop


Ayo tebak siapa yang menemukan laptop untuk pertama kali di dunia? mungkin sebagian pembaca telah tau, mungkin juga ada yang berpikiran Bill Gates atau Steve Jobs. Disamping kiri itu adalah foto dari penemu laptop. Sudah tahu belum itu foto siapa? Ya, penemu laptop pertama adalah Adam Osborne. Penemuan laptop atau komputer portable pertama kali bermula dari ide Alan Kay. Dalam mendesain komputer portable pertama Adam Osborne bekerja sama dengan perusahaan Felsenstein yang memiliki perusahaan yang memproduksi perangkat keras dan juga ahli dalam mendesain papan sirkuit processor. Untuk sejarah lebih lengkapnya silahkan cari sendiri ya, di mbah google banyak kok.

2. Laptop pertama di dunia


Ada yang bisa bayangin laptop pertama seperti apa? Kalau komputer pertama besarnya pakek banget. Laptop pertama itu seperti foto di sebelah kanan. Laptop pertama di dunia diberi nama Osborne I sesuai dengan nama penemunya. Laptop pertama di dunia ini pertama kali dikenalkan pada 3 April 1981 tepatnya saat acara pameran West Coast Computer Fair. Osborne I di luncurkan oleh Osborne Computer Corporation. Laptop pertama di dunia ini hanya berukuran 5 inchi, memori 64 kb, dan penyimpanannya floppy disk dan memiliki berat 10, 7 kg. Laptop beratnya 10,7 kg??
Bagaimana bawanya ya? yang pasti ribet pakek banget.

3. Laptop termahal di dunia

Laptop termahal di dunia adalah laptop Luvaglio dengan harga yang sangat fantastis yaitu US$ 1 Juta (hitung sendiri ya berapa Rupiah). Dan yang saya heran adalah laptop ini hanya memiliki RAM 2 Gb, mungkin kamu juga bertanya - tanya kenapa laptop ini bisa mahal sedangkan Asus ROG GX700 dengan RAM 64 Gb saja harganya tidak semahal itu. Ternyata eh ternyata laptop Luvaglio ini memiliki lapisan berlian pada tombol powernya. Tapi kalau boleh jujur, saya sarankan mending beli laptop Asus ROG GX700 bisa dapet 10 lebih mungkin. Dan yang saya bingung lagi apakah ada orang yang mau beli laptop ini?

4. Laptop Termurah di dunia


Kalau di atas ada laptop termahal di dunia, pasti ada juga kebalikannya yaitu laptop termurah di dunia. Laptop termurah untuk saat ini adalah J-Pro Mini Laptop Jointech JL7100. Hayo tebak harganya berapa? harganya adalah US$ 99 (hitung sendiri berapa Rupiah).Laptop ini menggunakan sistem operasi windows CE 5.0 dan memiliki kemampuan terbatas. Hal yang wajar jika J-Pro Mini memiliki kemampuan terbatas karena sesuai dengan harganya. Apa ada yang minat beli laptop ini?


5. Kasus Pencurian Laptop

Berdasarkan data dari Institut Ponemon, rata - rata terdapat 12.000 kasus pencurian laptop di Amerika setiap minggunya. Dan kasus ini menghabiskan dana hingga jutaan dollar tiap tahunnya baik pencurian dan keamanan . Saya kira di Amerika aman aman aja, taunya 12.000 kasus tiap minggu njirr. Semoga kasus ini nggak terjadi di Indonesia. Kelar dah hidup gue kalo nggak ada laptop. Nggak bisa nulis artikel lagi, main game, dan lain-lain. (curhat).

6. Laptop tertipis dan teringan di dunia

Pada tahun 2016 lalu tepatnya di Jerman pada gelaran IFA perusahaan Acer memperkenalkan laptop yang sangat tipis yaitu Acer Swift 7 dengan ketebalan 9,98 mm. Dan untuk laptop teringan di dunia adalah laptop HP EliteBook 1020 Special Edition dengan bobot hanya 1 kg saja. Tentu hal ini sangat berbeda dengan Osborne I ya.

7. Laptop Berusia 31 Tahun


Pada tahun 1985, Toshiba merilis laptop dengan series T1100 yang memiliki bobot 4,1 kg. Laptop yang dirilis pada tahun 1985 itu diklaim  masih bisa berkerja dengan baik. Ya walaupun laptop ini masih bisa bekerja dengan baik tentu laptop ini tidak di gunakan paling cuma untuk pajangan saja ya karena laptop T1100 ini hanya memiliki ram 256 kb prosessor 4,7 MHz. Di jaman serba canggih sekarang laptop T1100 tinggal menikmati hari tuanya saja. Lumayan buat koleksi nih.




Itu merupakan 7 fakta tentang laptop semoga dapat menambah wawasan anda. Bagi teman - teman yang ingin menambahi nya silahkan komen di kolom komentar ya. Nanti saya perbarui artikelnya. Terima kasih

Sign up here with your email address to receive updates from this blog in your inbox.

1 Response to "7 Fakta tentang Laptop yang Wajib kamu tahu"