7 Hewan yang terdapat dalam Mitos Masyrakat Jawa


Jika kemarin saya menulis artikel tentang Mitos Masyarakat Jawa, dan jika pembaca belum membaca artikelnya silahkan dibaca Tidak Semua Mitos Masyarakat Jawa hanya sekedar mitos. Pada dasarnya mitos berkembang karena dahulunya memang benar - benar terjadi, seperti di kehidupan sehari - hari, dan perilaku hewan. Oleh karena itu pada postingan hari ini saya akan membahas tentang hewan - hewan yang ada pada mitos masyarakat jawa. Berikut adalah mitos - mitosnya :


1. Burung Prenjak 


Mitos yang pertama adalah burung prenjak , menurut mitologi jawa jika kita mendengar dari suara burung prenjak berkicau di sekitar rumah kita maka bermakna kita akan mendapatkan rezeki baik itu mendapat uang atau kita akan kedatangan tamu yang akan membawa kabar baik tapi jika burung prenjak tersebut berkicau disebelah kanan. Jika kanan membawa kabar baik tentu kiri merupakan kebalikannya, ya jika burung prenjak berkicau terus disebelah kiri rumah maka akan mendapatkan kabar buruk.


2. Burung Gagak


Hewan yang kedua terdapat dalam mitos jawa adalah burung gagak. Burung yang satu ini memang dinilai memiliki supernatural yang tinggi. Burung gagak sangat menyukai bangkai binatang hewan yang sudah mati, mungkin ini lah yang menyebabkan burung gagak memiliki mitos jika ada seseorang di rumah yang sedang sakit dan terdengar suara burung gagak maka menandakan orang yang sedang sakit tersebut akan segera meninggal Bahkan ada mitos yang mengatakan bahwa sate dari daging burung gagak berfungsi untuk memanggil Genderuwo.

3. Ayam


Menurut mitologi jawa jika seekor ayam berkokok pada sore hari atau malam hari maka akan bermakna adanya gangguan dari mahluk halus atau akan adanya perawan yang hamil diluar nikah. Kalau dipikir secara logis, tentu tidak ada hubungannya ayam berkokok denga perawan hamil. Tapi terdapat mitos lain mengenai ayam yaitu jika ayam berkokok pada waktu tengah malam, itu tandanya ayam tersebut sedang melihat malaikat turun dari langit.
Jika kita berdoa dan meminta kebaikan kepada Tuhan maka doa kita akan tersampaikan karena ada seorang malaikat di sana.
Mitos manakah yang anda percaya?


4. Kupu - Kupu

Mitos dari kupu - kupu mirip seperti mitos dari burung Prenjak. Mitosnya adalah jika kupu - kupu berputar - putar dalam rumah bahkan hinggap maka rumah tersebut akan kedatangan seorang tamu.

5. Kucing

Pada artikel sebelumnya saya pernah membahas tentang 10 mitos tentang kucing yang beredar di Indonesia. Menurut mitos masyarakat jawa kita akan celaka jika kita menabrak seekor kucing, maka sebaiknya seorang tersebut untuk membatalkan perjalananya.

6. Burung Deli

Kedatang Burung Deli bagi masyarakat Jawa menandakan akan terjadi hujan lebat serta disertai angin angin ribut yang cukup besar. Bahkan keberadaan burung ini pun masih misteri, namun kadang saat awan mendung gelap burung ini akan menunjukan dirinya, biasanya dengan jumlah yang banyak.

7. Cicak

Hewan yang terkahir dalam mitos masyarakat jawa adalah cicak. Hewan yang satu ini sering ditemui pada dinding - dinding rumah. Menurut mitosnya jika kita tertimpa cicak maka akan pertanda sial.

Itu adalah hewan - hewan yang ada didalam mitos masyarakat jawa, jika ada pembaca yang ingin menambahkan silahkan tulis di komentar. Terima Kasih telah membaca artikel dan berkunjung pada blog saya.

Sign up here with your email address to receive updates from this blog in your inbox.

0 Response to "7 Hewan yang terdapat dalam Mitos Masyrakat Jawa"

Post a Comment